Selasa 25 Apr 2017 19:26 WIB

Cegah Sembelit dengan Pola Makan Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah makanan baik bagi pencernaan hingga menghindari sembelit.
Foto: EPA
Sejumlah makanan baik bagi pencernaan hingga menghindari sembelit.

REPUBLIKA.CO.ID, Diet seimbang bisa mengatasi masalah sembelit Anda. Selain itu ada sejumlah makanan yang sanggup membuat Anda terhindar dari sembelit.

Makanan serat tinggi

Serat mengatur usus, sama seperti mengikuti peraturan lalu lintas memastikan tidak ada kemacetan. Pola makan dengan 20 sampai 30 gram serat setiap hari akan memastikan tidak ada penyumbatan baik. Makanan yang diproses terlalu banyak juga telah mengeluarkan semua serat. Untuk mendapatkan semua kebaikan makanan, pilih varietas utuh atau multi-gandum dan selalu memilih makanan organik.

Makanan yang melembutkan BAB

Anda berpikir apa yang dimakan bayi ketika mrmgalami masalah BAB. Jawabannya saus apel (kaya akan pectin, sebuah serat), barley (sejenis gandum), oatmeal juga tumbuhan polong. Dengan makanan ini bayi Anda bisa melewatinya tanpa rasa sakit.

Sediakan vitamin C

Makanan seperti jeruk banyak mengandung vitamin c. Ini membuat kotoran Anda tidak keras. Sama seperti kiwi dan stroberi. Makanan ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu peremajaan pada kadar sel.

Sorbitol

Sorbitol memiliki kadari laksatif alami dan banyak didalamnya. Anda bisa menemukannya pada prune atau buah prem yang dikeringkan, plum dan pear.

Minum

Bila ragu, cari air dan minuman sehat seperti teh hijau. Air dan teh membantu menyiram sistem Anda, sehingga bisa menghambat sembelit.

Probiotik

Pikirkan hal-hal yang difermentasi. Misalnya yogurt, kefir, kimci semua mengandung bakteri usus sehat yang baik bagi pencernaan Anda dan membantu membersihkan penyumbatan, dilansir dari laman Lifehack.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement