Jumat , 21 April 2017, 13:22 WIB

Studi Buktikan Jus Tomat Efektif Hilangkan Lemak Perut

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Public domain pictures
Jus tomat.
Jus tomat.

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar nutrisi membuktikan efektivitas asupan bergizi untuk membantu menekan lemak yang menumpuk di perut. Sebuah studi yang telah terbit di jurnal Nutrition mengungkap bahwa lemak bisa hilang dengan minum segelas jus tomat setiap hari.

Konten penelitian menyebutkan, perempuan yang minum segelas jus tomat ukuran 280 mililiter setiap hari mengalami penurunan lemak perut hingga lebih dari 50 persen. Hasil didapatkan setelah periode delapan pekan tanpa olahraga apapun.

Hebatnya lagi, minuman lezat itu juga menekan level kolesterol dalam tubuh serta mengurangi stres oksidatif. Para peneliti menyebutkan, efek lain termasuk mengurangi lingkar pinggang, serta kolesterol serum dan tingkat adipokin inflamasi pada perempuan muda.

Ahli gizi dari Superfood UK Shona Wilkinson yang tak terkait dengan studi mengatakan, tomat memang baik untuk pengendalian berat badan. Sebab, buah berwarna hijau atau oranye kemerahan itu memiliki kandungan lycopene tingkat tinggi.

Antioksidan itu terbukti dapat meningkatkan produksi hormon penguat metabolisme adiponektin sebesar 25 persen. Tomat juga rendah kalori dan minim karbohidrat, relatif rendah gula, tetapi sekaligus kaya kandungan air.

Lycopene pada tomat berkhasiat melindungi jantung, menangkal penuaan dini akibat paparan sinar matahari, serta melawan sejumlah kanker. Sumber antioksidan lain dalam tomat termasuk lutein, betakaroten, dan flavanol yang semuanya baik untuk tubuh.

"Bagaimanapun, hanya minum jus tomat tidak cukup. Anda masih perlu mengatur pola makan sehat dengan mengasup makanan utuh, banyak sayuran dan protein, juga mengurangi makanan olahan," kata Wilkinson, dilansir dari laman Daily Star.