Kamis , 20 April 2017, 08:35 WIB

Cara Meracik Susu Emas untuk Kesehatan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
flickr
Kunyit
Kunyit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu emas ini telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda India. Dalam pengobatan Ayurvedic, kunyit digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, masuk angin, infeksi tenggorokan, masalah hati, dan luka. Kunyit begitu sangat dihormati di India dan sering digunakan sebagai bagian dari upacara keagamaan dan pernikahan.

Susu emas bisa bermanfaat untuk penderita darah rendah. Karena susu ini mampu memperbaiki kondisi kulit, mengatur metabolisme, menjaga kadar kolesterol sehat, meningkatkan pencernaan, imunitas meningkatkan dan mengurangi peradangan.

Siapakah yang harus mengonsumsi susu emas ini? Susu emas baik untuk Anda yang menderita sakit perut, memiliki masalah kulit, mencoba untuk mengelola berat badan Anda, perjuangan dengan kolesterol tinggi, berjuang dengan tekanan darah tinggi, ingin meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap batuk dan pilek, jika Anda sedang hamil, memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada, riwayat keluarga masalah kesehatan, atau pengobatan.

Konsultasikan dengan dokter sebelum minum susu kunyit. Lain kali Anda suka secangkir teh, cobalah susu emas sebagai gantinya. Anda mungkin akan terkejut oleh berapa banyak manfaat yang Anda lihat.

Seperti dilansir dari laman Lifehack, susu ajaib ini biasanya dibuat menggunakan campuran santan, kunyit dan lada hitam. Resep bervariasi dan Anda bisa menukar santan untuk varietas lain seperti kedelai, almond, oat atau susu beras. Rempah-rempah tambahan juga dapat ditambahkan untuk rasa, dengan kayu manis menjadi pilihan yang populer.

Resep Susu Emas

Bahan:
2 cangkir susu favorit Anda (beras, almond, oat, susu, dan lainnya)
1 sendok teh kunyit
1/2 sendok teh kayu manis (opsional)
Sejumput lada hitam

Metode:
Panaskan susu dalam panci, sebelum menambahkan sisa bahan dan biarkan mendidih selama 3 sampai 4 menit.

Jika menggunakan bubuk kunyit, resepnya seperti ini.

Bahan:
1 cangkir bubuk kunyit
1/2 cangkir bubuk kayu manis
2 sendok teh lada hitam

Metode:
Cukup mencampur bubuk bersama-sama dan simpan dalam stoples, kemudian tambahkan dua sendok teh untuk dua cangkir susu hangat kapan saja Anda suka minum. Tambahkan jahe, cabe rawit atau gula atau sirup secukupnya.




Berita Terkait