Rabu 29 Mar 2017 14:19 WIB

Pertanda Tubuh Mengalami Lebih dari Sekadar Flu

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Indira Rezkisari
Sakit flu
Foto: pixabay
Sakit flu

REPUBLIKA.CO.ID, Flu adalah penyakit yang mungkin menjadi penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat. Mungkin penyakit ini terbilang sederhana, namun, kita harus mencermati bahwa flu yang dialami bisa jadi lebih dari sekedar flu biasa atau isa jadi itu merupakan gejala atas penyakit yang lebih serius.

Dilansir dari The Times of India, Rabu (29/3), flu ringan biasanya akan reda setelah empat hingga lima hari jika kita banyak minum air putih dan istirahat dengan cukup. Jika lebih dari lima hari, maka disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Apalagi, setelah kita melakukan sebuah langkah pemulihan, namun ternyata gejala flu kembali menyerang. Itu tandanya, tubuh kita sedang berjuang melawan penyakit yang lebih serius dari sekedar flu biasa. Hal itu juga menandakan, daya tahan tubuh atau sistem imun kita mulai melemah dan disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter

Baca juga: Peneliti IPB: Pria Vegetarian Lebih Sehat

Selain itu, gejala flu lainnya yang juga harus diwaspadai adalah gejala yang muncul usai kita melakukan liburan, apalagi jika setelah berlibur ke luar negeri. Beberapa dokter telah memperingkatkan agar masyarakat harus waspada jika mengalami gejala flu setelah plesir ke luar negeri. Jadi, jika mengalami hal yang mencurigakan setelah liburan, kita disarankan untuk segera menyamaikan hal itu ke dokter.

Hal berikutnya yang harus disoroti saat flu adalah jika gejala tersebut diiringi dengan muntah, mual, pusing  dan diare. Jika itu terjadi, maka perlu sebuah diagnosa yang lebih mendalam untuk mengetahui persoalan apa yang sebenarnya sedang terjadi dengan tubuh kita.

Kemudian, jika flu juga diiringi dengan rasa tidak nyaman di dada seperti rasa sesak napas, maka hal tersebut pantang untuk diabaikan. Satu hal lagi yang penting, jangan diobati sendiri, namun harus dengan pendampingan dokter. Gejala itu bisa jadi merupakan penyakit bronkitis, bisa juga hal itu merupakan pertanda adanya penyumbatan darah di paru-paru.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah saat flu muncul usai kita berinteraksi dengan hewan peliharaan kita. Jika itu terjadi, maka kita harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah ada memiliki alergi yang selama ini belum diketahui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement