Rabu 29 Mar 2017 13:23 WIB

Pentingnya Kesehatan Saluran Pencernaan Bagi Anak

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Anak sehat/ilustrasi
Foto: pixabay
Anak sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan pencernaan di awal tumbuh kembang anak sangatlah penting. Bahkan, menjadi gerbang awal masuknya segala sesuatu yang berada di luar tubuh untuk ke dalam tubuh.

Dokter spesialis pencernaan anak, dr Badriul Hegar, Ph.D., Sp.A (K), menjelaskan jika saluran pencernaan tidak hanya terdiri dari mulut hingga anus saja. Ada peran hati, empedu, dan pankreas di dalamnya.

Melihat begitu luasnya yang masuk dalam saluran pencernaan, maka peranannya sangat penting, terutama bagi tumbuh kembang anak. Apalagi melihat makanan dan minuman dari luar tubuh akan pertama kali bersentuhan dengan saluran pencernaan.

"Pencernaan merupakan organ yang sering terpapar oleh lingkungan luar tubuh dan menjadi pintu gerbang pertama masuknya zat asing dalam tubuh," katanya.

 

Ketika anak mengonsumsi sesuatu, maka saluran pencernaan akan mengolahnya, setelah itu menurut Badriul, baru zat yang dihasilkan akan disebar ke seluruh tubuh. Sehingga pencernaan menjadi pembatas antara sesuatu yang berasal dari luar untuk diserap tubuh.

Ketika saluran pencernaan tidak berjalan optimal, maka pasokan yang dibutuhkan tubuh anak dalam perkembangan tidak akan terpenuhi. Terlebih lagi jika saluran pencernaan tidak mendapatkan perhatian, maka distribusi zzat-zat pendukung pertubuhan pun akan tertahan.

Baca juga: Tips Memotret Anak dengan Tepat

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement