Kamis 23 Mar 2017 06:44 WIB

Pilihan Fesyen Ini Ternyata Bisa Ganggu Kesehatan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Tas ransel untuk anak
Foto: inhabitots.com
Tas ransel untuk anak

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar kesehatan memperingatkan bahaya di balik pilihan fesyen tertentu yang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Dilansir dari laman Mirror, Asosiasi Chiropractic Inggris menyebutkan item bergaya yang tak terlalu ramah untuk tubuh sebagai berikut.

Skinny jeans

Praktisi kesehatan Tim Hutchful tidak menganjurkan pemakaian celana pensil alias skinny jeans yang terlalu sering. Soalnya, celana ketat tersebut membatasi pergerakan di bagian pinggul dan lutut, sehingga menyebabkan masalah kesehatan kaki dalam jangka panjang.

Pengeriting bulu mata

Perangkat rias ini memang bisa membuat mata terkesan lebih indah, besar, dan cemerlang dalam sekejap. Tetapi, harus diingat bahwa pengeriting bulu mata perlu dibersihkan tiap pekan untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang berpindah ke mata.

Eyeshadow glitter

Dokter spesialis mata Shalini Sood-Mendiratta menyebutkan dampak buruk pulasan eyeshadow glitter yang berkilauan pada mata. Kosmetik itu dikatakan dapat memperburuk kondisi mata yang kering, sementara glitternya adalah penyebab umum dari iritasi dan infeksi kornea.

Dasi ketat

Studi oleh para pakar di New York menunjukkan hubungan antara ikatan dasi yang terlalu ketat dan gangguan penglihatan. Hal itu rupanya meningkatkan tekanan cairan dalam bola mata yang memicu glaukoma dan menyempitkan vena jugularis, pembuluh darah utama yang mengalirkan darah dari kepala ke jantung.

Dompet tebal

Chiropractor Arnie Angrist menyarankan para pria untuk tidak mengantongi dompet tebal di saku belakang celana. Soalnya, kompresi yang terjadi saat duduk dapat menyebabkan iritasi pada struktur penting di pantat, termasuk saraf sciatic, otot, pembuluh darah lokal, dan vena.

Ransel

Studi oleh University of California menyebutkan, menyandang ransel berat dalam waktu lama bisa menyebabkan penyakit punggung yang serius. David McGinness dari klub kebugaran Virgin Active Strand menganjurkan pencegahan dengan mengurangi beban ransel atau melakukan pilates untuk memperkuat otot.

Sepatu flat

Ahli penyakit kaki Saoirse Waldron mengatakan, sepatu flat minim bantalan yang berfungsi meredam guncangan saat berjalan. Struktur itu berpotensi menyebabkan banyak gesekan pada tumit, tendon, dan jari kaki sehingga kaki mudah lecet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement