Senin , 20 Maret 2017, 09:31 WIB

Berbuat Baik, Cara Ampuh untuk Awet Muda

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Prayogi/Republika
Berolahraga menjaga kulit awet muda
Berolahraga menjaga kulit awet muda

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS -- Tidak perlu susah-susah melakukan perawatan wajah rutin yang mahal untuk mencegah penuaan dini. Sebab, para ilmuwan telah menemukan cara ampuh agar awet muda, yakni berbuat baik kepada sesama.

Hal tersebut dirangkum oleh David Hamilton, penulis buku The Five Side Effects Of Kindness. Doktor di bidang kimia organik itu banyak mempelajari studi yang menunjukkan bahwa berbuat baik sangat bermanfaat bagi tubuh dan psikis seseorang.

"Banyak riset telah menunjukkan bahwa memberi dan menerima kebaikan mampu meningkatkan sistem imun, membuat tubuh lebih kebal penyakit, termasuk memperlambat pembentukan kerut," tuturnya.

Ia menjelaskan, kelompok molekul tidak stabil alias radikal bebas menghasilkan stres oksidatif yang menyebabkan reaksi fisiologis pengerasan arteri, kehilangan memori, juga penuaan. Dengan berbuat baik, tubuh menghasilkan oksitosin yang melawan radikal bebas tersebut.

Studi yang dilakukan oleh para psikolog dari University of California, juga telah membuktikan bahwa berbuat baik efektif menekan tingkat depresi. Tim tersebut mengujinya pada sekelompok orang yang diminta melakukan lima jenis kebaikan berbeda secara terus menerus selama enam pekan.

Hamilton menganjurkan untuk terlebih dulu berbuat baik kepada orang terdekat seperti pasangan dan keluarga, baru menerapkannya pada lingkungan yang lebih luas. Wujudnya bisa berupa apa saja, seperti berterima kasih, mendengarkan, memuji, memberi hadiah, menawarkan kursi bus kepada penumpang yang membutuhkan, hingga aksi sosial seperti donor darah.

"Berbuat baik adalah perekat hubungan. Bagian terhebatnya, kegiatan yang bermanfaat bagi tubuh ini amat menular, memicu orang lain untuk ikut melakukannya," ujarnya, dilansir dari laman Daily Mail.