Selasa 07 Mar 2017 07:14 WIB

Pakar Jepang Ungkap Manfaat Berkuda untuk Kecerdasan Anak

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Berkuda (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Berkuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Manfaat berkuda terhadap tumbuh kembang anak menjadi tema yang dicermati oleh para peneliti dari Universitas Pertanian Tokyo, Jepang. Para pakar mengungkap bahwa menunggang kuda dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.

Studi tersebut menemukan bahwa getaran yang dihasilkan saat menunggang kuda mengaktifkan bagian otak yang disebut sistem saraf simpatik. Hasil penelitian telah diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Public Health.

Para peneliti mencatat efek dari menunggang kuda dengan meminta anak-anak menyelesaikan tes matematika dan respons sederhana sebelum dan sesudah berkuda. Ada peningkatan kemampuan anak dalam melakukan tugas tertentu, tetapi hasilnya kurang signifikan ketika memecahkan soal matematika.

Menurut para ahli, hasil ini berarti bahwa menunggang kuda cenderung berpengaruh pada satu aspek kemampuan kognitif. Dalam hal ini, kecerdasan yang dipengaruhi adalah peningkatan memori dan belajar memecahkan masalah.

Profesor Mitsuaki Ohta selaku penulis studi mengatakan, salah satu ciri penting dari langkah kuda adalah percepatan tiga dimensi saat hewan itu menapak. Ia mengatakan, penelitian membuktikan bahwa pergerakan panggul kuda dapat memberikan masukan motorik dan sensorik ke tubuh manusia.

"Dalam penelitian ini, saya percaya beberapa perbedaan hasil antara para penunggang dipengaruhi percepatan tersebut," ujar Ohta, dilansir dari laman Yahoo Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement