Kamis 23 Feb 2017 17:53 WIB

Bagaimana Cara Merawat Kulit Usia 30-an?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dr Frien Refla Syarif, SpDV
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dr Frien Refla Syarif, SpDV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit manusia merupakan organ terluas yang ada pada tubuh manusia. Kulit juga merupakan salah satu dari penanda kesehatan pada tubuh manusia dan memiliki fungsi estetika khususnya pada wajah.

Mulai usia 30 tahun, fungsi regenerasi kulit sudah mulai menurun sehingga diperlukan perawatan khusus yang dilakukan agar kulit tetap sehat dan terlihat cantik menawan.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Frien Refla Syarif, SpDV mengatakan perawatan khusus yang diperlukan tidak selalu harus mahal tetapi wajib dilakukan setiap hari secara rutin. "Mulai dari menggunakan milk cleanser, facial wash, krim, dan terutama sunblock atau tabir surya," kata dr Refla kepada Republika Online, Kamis (23/2).

Menurutnya, saat ini telah banyak dijual bebas produk perawatan kulit yang beredar di masyarakat, namun dengan dosis zat aktif terbatas, dikarenakan efek samping yang mungkin terjadi apabila zat tersebut digunakan  lebih dari dosis tertentu dan tidak di bawah pengawasan dokter.

Bagi para wanita khususnya yang menggunakan make up sehari-hari, lanjut Refla, wajib membersihkannya dengan milk cleanser untuk menghilangkan sisa-sisa make up yang menempel pada kulit wajah dan dapat menjadi komedo yaitu tertutupnya pori-pori kulit wajah sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Dr Refla menjelaskan, apabila tidak menggunakan make up berat, cukup dibersihkan dengan facial wash yang mengandung AHA sehingga dapat juga membantu untuk mencerahkan wajah. Facial wash tidak disarankan pemakaiannya melebihi 3x sehari agar sebum (minyak) pada wajah tidak hilang sama sekali dan menghindari kulit wajah menjadi kering.

Krim perawatan yang wajib dipakai adalah krim malam yang mengandung vitamin A (retinoid) dengan dosis antara 0.025% - 0.1% dan sebaiknya untuk pemakaian krim malam ini dikonsultasikan dengan dokter Spesialis Kulit.

Tabir surya atau sunblock wajib dipakai setiap hari apabila akan keluar rumah (30 menit sebelum keluar rumah) dengan minimal SPF 30. Di mana 1 SPF kira-kira akan dapat 'menangkal' efek buruk sinar matahari selama kurang lebih 5 menit. "Oleh karena itu pemakaian sunblock dengan SPF 30 harus diulang tiap 4 jam selama masih berada di luar rumah hingga pukul 16.00 sore," kata dokter spesialis lulusan FK Universitas Andalas ini.

Selain perawatan rutin tersebut di atas, terdapat perawatan tambahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan chemical peeling. Chemical peeling merupakan salah satu perawatan kulit wajah dengan prinsip 'pengelupasan terkontrol' yang dilakukan oleh dokter Spesialis Kulit.

Tindakan ini dilakukan 1x per bulan untuk membantu meremajakan kulit dan memiliki hasil efek mencerahkan. "Prinsip kulit cantik adalah kulit yang sehat," kata dr Refla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement