Senin 06 Feb 2017 15:50 WIB

Intip Menu Makanan Astronaut di Luar Angkasa

Rep: Retno Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Astronot AS dan Kosmonot Rusia saat berfoto bersama di luar angkasa.
Foto: Mashable
Astronot AS dan Kosmonot Rusia saat berfoto bersama di luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak seperti kita yang hidup di bumi, para astronaut yang hidup di luar angkasa harus bertahan hidup dengan memakan makanan yang bisa dikatakan tak semenarik. Apa pun jenis dan bentuk makanannya, setiap makanan yang dikonsumsi haruslah mengandung gizi yang seimbang.

Selama bertahun-tahun, lembaga antariksa telah berusaha mengembangkan dan meningkatkan menu makanan para astronot layaknya makanan rumahan.

Seorang koki asal Prancis, Alain Ducasse, bersama timnya telah bekerja sama dengan Badan Antariksa Nasional Prancis dalam proyek makanan luar angkasa. Kerja sama ini sudah berlangsung sejak 2004 silam.

Untuk menunjang kebutuhan makan para astronaut, banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh tim koki. “Kami harus mempertimbangkan semua aspek ilmiah dari ruang angkasa termasuk aspek kelembapan dan waktu yang diperlukan untuk memasak bahan makanan,” kata chef Jerome Lacressonniere dikutip Euro News.

Menurut Lacressonniere, produksi makanan harus memenuhi kriteria tertentu. Jangan sampai ada bakteri yang dapat menimbulkan penyakit, meminimalisasi makanan berbentuk cairan dan remah untuk menghindari gangguan dengan teknologi.

“Bobot ketika di luar angkasa juga memengaruhi indera penciuman, beda halnya seperti kondisi saat di bumi,” ujar ahli gizi Corine Dubel.

Chef Lacressonniere dan timnya menyediakan setidaknya 13 menu untuk para astronaut mulai dari sayuran kering, suas tomat, rumput laut hijau, hingga bumbu lemon. “Seperti yang kita ketahui, rasa makanan di luar angkasa dimodifikasi karena bobot akan memengaruhi rasa hidangan. Sehingga, kami biasanya menggunakan rumput laut hijau yang dikeringkan untuk pengganti rasa asin garam,” kata Lacressoniere.

Menurut Lacressoniere, kendala utama dalam meracik makanan khusus para astronaut ini yaitu menghindari bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi fisiologis. Namun, dalam beberapa kesempatan, tim koki juga menyediakan menu makanan yang dapat mengingatkan para astronaut dengan rumah mereka seperti lobster kering hingga kue cokelat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement