Jumat 20 Jan 2017 09:43 WIB

Fakta Menarik Tentang Muntah yang Perlu Diketahui

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Muntah mengakibatkan tubuh kehilangan cairan, perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang.
Foto: Pixabay
Muntah mengakibatkan tubuh kehilangan cairan, perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, Muntah pada dasarnya hal yang sangat umum terjadi bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, karena masalah pencernaan, infeksi lambung, khawatir berlebih dan sebagainya. Namun di balik itu ternyata ada fakta menarik yang perlu diketahui dari hal tersebut seperti dilansir Boldsky.

Minum Air

Muntah dapat menyebabkan masalah yang lebih fatal bagi seseorang. Selain istirahat dan minum yang cukup, seseorang juga harus mengonsumsi obat-obat yang dirasa tepat mengobatinya. Namun, jika muntah seseorang tidak berhenti juga bahkan setelah empat sampai lima jam, maka mau tidak mau individu tersebut harus dibawa  ke rumah sakit. Individu itu perlu mendapatkan cairan intravena atau jika tidak, dapat menimbulkan dehidrasi  yang bisa menyebabkan ancaman serius terhadap kehidupan orang itu.

Stres

Beberapa orang dapat mengalami muntah ketika mereka berada dalam situasi panik. Orang seperti ini biasanya mendapatkan serangan panik saat mereka melihat orang lain muntah. Atau, dapat juga ketika mereka berada dalam suasana yang tidak mengenakan pada sebuah perusahaan. Ini jelas dapat menimbulkan masalah serius dan perlu diperbaiki.

Masalah Maag

Muntah tidak selalu akibat dari infeksi perut pada seseorang. Pada anak-anak, muntah dapat disebabkan oleh migrain atau radang tenggorokan. Sementara pada orang dewasa, muntah sering dilihat sebagai akibat dari penyumbatan usus maupun maag.

Baca juga: Manfaat Biji Cabai Bagi Kesehatan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement