Senin 16 Jan 2017 06:43 WIB

Ternyata Tepuk Tangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Bertepuk tangan
Foto: Flickr
Bertepuk tangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tepuk tangan ternyata bukan sekedar sikap dalam mengapresiasi sesuatu semata. Seperti dilansir Boldsky, Senin (16/1), kegiatan yang begitu sederhana ini ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan tubuh.

Ada 28 titik tekanan yang hadir di tangan setiap manusia. Untuk itu, bertepuk tangan pada akhirnya akan merangsang titik-titik tekanan ini yang kemudian mempengaruhi organ-organ yang terhubung dari bagian itu. Dari alasan ini, bertepuk tangan pun dianggap salah satu jenis terapi yang bisa membantu menyembuhkan tubuh seseorang.

Tingkatkan Sirkulasi Darah

Bertepuk tangan selama 20 sampai 30 menit dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga membantu kelancaran arus darah ke arteri dan vena. Di samping itu, mampu memberi energi tubuh sekaligu memperlancar aliran oksigen ke berbagai bagian tubuh.

Arthritis

Tepukan tangan juga bisa dianggap bisa menyingkirkan nyeri sendi, nyeri punggung dan nyeri leher seseorang. Oleh karena itu, gerakan sederhana sangat meringankan rasa sakit penderita arthritis.

Penyakit Paru

Gerakan sederhana ini juga dikenal sebagai cara untuk membantu melancarkan aliran oksigen dan darah ke paru-paru. Dengan demikian, mampu menyingkirkan masalah pernapasan lainnya seperti asma dan penyakit paru-paru tertentu.

Tekanan Darah Rendah

Hal yang tak kalah pentingnya, yakni manfaat tepuk tangan bagi penderita tekanan darah rendah. Kegiatan ini ternyata mampu meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh sehingga dapat menjaga tekanan darah secara normal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement