Jumat 30 Dec 2016 05:04 WIB

Mengenal Hypno-birthing, Metode Persalinan Alami Meminimalisir Rasa Sakit

Ilustrasi melahirkan tanpa sakit/hypnobirthing
Foto: pixabay
Ilustrasi melahirkan tanpa sakit/hypnobirthing

REPUBLIKA.CO.ID, Persalinan merupakan suatu hal terindah yang dinanti oleh ibu hamil. Sebagian besar wanita masih menganggap proses ini sebagai sesuatu yang menakutkan. Dengan metode hypno-birthing segala sesuatu yang menakutkan tersebut bisa diminimalisir.

Mengapa bisa? Hypno-birthing merupakan upaya alami menanamkan niat pada pikiran bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan sadar, tenang dan nyaman. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh praktisi Hypno-birthing Lanny Kuswandi. "Hypno-birthing merupakan teknik otohipnosis yaitu upaya alami menanamkan niat positif atau sugesti ke dalam pikiran selama masa kehamilan hingga menghadapi proses persalinan," kata dia kepada Republika belum lama ini di Pro V Clinic (Holistic Care), Permata Hijau, Jakarta-Selatan.

Metode Hypno-birthing dikembangkan oleh Marie F. Mongan, M. Ed sejak 1959 berdasarkan teori Dr. Grantley Dick-Read yang merupakan seorang ahli kebidanan Inggris yang hidup di tahun 1890-1959. Kemudian, masuk ke Indonesia dibawa oleh Lanny pada tahun 2002 silam.

Metode Hypno-birthing ini didasarkan pada keyakinan setiap perempuan bisa melahirkan secara natural, tenang, dan nyaman. Program ini mengajarkan kepada ibu hamil untuk menyatu dengan gerak dan ritme tubuh yang alami saat menjalani proses melahirkan. "Membiarkan tubuh dan pikiran bekerja sehingga rasa sakit menghilang," papar dia.

Hypno-birthing juga dapat dikatakan ampuh menetralisir dan memrogram ulang rekaman negatif dalam alam bawah sadar dengan program positif. "Dengan demikian, kenangan buruk akan proses persalinan yang menakutkan bisa terhapus dan berganti dengan proses persalinan yang menyenangkan," kata dia menambahkan.

Metode ini menggabungkan terapi hyposis yang bertujuan untuk memrogram alam bawah sadar ibu hamil. Tidak perlu takut, karena hyposis tersebut menurut Lanny merupakan proses yang alami dan seringkali ada di kehidupan sehari-hari. Hyposis suatu kondisi relaksasi sehingga pikiran bawah sadar lebih dominan. "Critical area menjadi terbuka untuk menerima sugesti, niat atau afirmasi," papar Lanny.

Pelaksanaan metode Hypno-birthing ini dikatakan oleh Lanny harus pasangan suami istri. Kedua orang tua bayi dapat saling mendukung satu sama lain demi kelancaran proses persalinan kelak.

Peran suami disini dikatakan juga sangat penting. Bukan hanya sebagai penyemangat, dikatakan oleh Lanny, suami sedini mungkin harus memahami kondisi istri dan bayi yang dikandungnya. Mampu membaca ekspresi di setiap gerak-gerik istri, sehingga tahu apa yang mesti dilakukan. Apakah memberinya semangat, atau sampai memberikan sentuhan agar kondisi ibu hamil semakin rileks.

Alangkah baiknya pula memang metode Hypno-birthing ini dilakukan di awal kehamilan. Sehingga ibu hamil banyak melakukan proses kegiatan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement