Selasa 01 Nov 2016 11:16 WIB

7 Cara Mudah Lawan Stres

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Origami (ilustrasi)
Foto: Youtube
Origami (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, -- Sebagian orang mencoba meredakan stres dengan 'pelarian' yang menguras kantong seperti belanja gila-gilaan. Padahal tidak perlu demikian, karena ada beberapa cara sederhana yang murah dan ilmiah untuk melawan stres, dikutip dari mirror.

- Menghitung mundur

Pakar pemrograman neurolinguistik Tony Wrighton menganjurkan untuk mengambil napas dalam-dalam dan mengeluarkannya melalui hidung untuk relaksasi. Jika tingkat stres cukup tinggi, disarankan untuk menghitung mundur dari angka 20.000.

- Pijat perut

Neil Shah dari "The Stress Management Society" menjelaskan, tubuh manusia memiliki titik-titik tekan tertentu yang dapat mengurangi stres saat dipijat, salah satunya adalah titik lambung. Ia menyarankan untuk memijat lembut perut di antara pusar dan rusuk dengan dua jari saat stres melanda.

- Mewarnai dan origami

Sebuah studi tahun 2005 mengungkap adanya pengurangan kecemasan dan stres setelah seseorang diminta mewarnai pola geometris dalam waktu singkat. Origami, teknik melipat kertas ke dalam berbagai bentuk, juga merupakan terapi lain yang menenangkan dan membuat otak relaks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement