Senin 10 Oct 2016 09:42 WIB

Seberapa Jauh Darah Bisa Menyembur?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Darah yang keluar dari anggota tubuh (ilustrasi)
Foto: flickr
Darah yang keluar dari anggota tubuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak adegan di film aksi atau horor yang menunjukkan darah berceceran atau muncrat di mana-mana. Hal itu membuat sebagian orang bertanya, seberapa jauh sebetulnya darah bisa menyembur?

Hollywood bisa saja membuat kita berpikir semburan darah nyaris tak ada batasnya. Untuk mulai menjawab pertanyaan di atas, kita perlu melihat berapa tekanan jantung yang  bisa menghasilkan semburan darah.

Dilansir dari Unrealfacts, Senin (10/10), semakin tinggi tekanan darah, semakin jauh darah menyembur keluar. Sama halnya dengan cairan di bawah tekanan. Faktor lain untuk mengetahui seberapa jauh darah memuncrat adalah ukuran kebocoran. Ini bisa dilihat dari kasus putusnya arteri karotis, pembuluh darah yang menyuplai darah ke area leher dan kepala.

Dokter Clement Harrisse Arnold pernah bersaksi di pengadilan dalam sebuah sidang pembunuhan pada 1933. Menurutnya, darah bisa menyembur hingga enam inci atau 12,5 sentimeter (cm) secara vertikal dan 18 inci atau 45 cm lateral dan akan terus menyembur selama 30 detik.

Sobekan bahkan membuat darah menyembur lebih lama lagi dan lebih panjang lagi. Semburan darah sering dijadikan efek visual dalam anime, kartun, buku-buku komik, dan film. Semburan darah juga dijadikan sebagai efek dalamseni sastra, serial televisi, teater, hingga video gim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement