Rabu 28 Sep 2016 10:14 WIB

Begini Dampak Anak Kekurangan Nutrisi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Anak kekurangan gizi (ilustrasi).
Foto: guardian.co.uk
Anak kekurangan gizi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Ahli nutrisi, Dian Permatasari, menjelaskan nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Dengan terpenuhinya nutrisi yang tepat dan lengkap, anak akan menjadi sehat.

"Salah satu ciri anak yang sehat adalah mudah beradaptasi dengan lingkungannya, yang merupakan salah satu wujud dari keterampilan sosial yang dimiliki anak tersebut," jelasnya dalam konferensi pers peluncuran kampanye 'Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya," yang diusung oleh SGM Eksplor di Jakarta, Selasa (27/9).

Anak yang mengalami gangguan gizi, akan mengalami masalah dalam jangka pendek dan panjang. Dia menjelaskan, dalam jangka pendek misalnya perkembangan otak anak tidak optimal. Sehingga dalam jangka panjang anak akan mengalami penurunan kemampuan kognitif dan pendidikan.

Selanjutnya anak yang mengalami gangguan gizi dalam jangka pendek akan mengalami pertumbuhan fisik yang tidak optimal. Akibatnya dalam jangka panjang anak akan mengalami stunting atau pendek.

Dampak lainnya jika anak mengalami gangguan gizi adalah perkembangan organ metabolik tidak optimal. "Saat dewasa timbulkan penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, sakit jantung, obesitas, stroke dan lainnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement