Rabu 28 Sep 2016 06:54 WIB

Memberi ASI Juga Bermanfaat pada Sang Ibu

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Menyusui bukan hanya memberi nutrisi pada bayi, tapi juga memberi manfaat pada Sang Ibu
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menyusui bukan hanya memberi nutrisi pada bayi, tapi juga memberi manfaat pada Sang Ibu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memberikan air susu ibu (ASI) pada enam bulan pertama kehidupan memang memiliki segudang manfaat bagi bayi. Tapi apa sih sebenarnya manfaat memberi ASI bagi ibu menyusui?

Dokter spesialis anak Melanie Yudiana Iskandar, menjelaskan, ternyata memberikan ASI eksklusif setelah melahirkan baik pula bagi ibu. Jika biasanya setelah melahirkan perut ibu masih membesar, tidak perlu terlalu berat berolahraga untuk mengecilkannya. Cukup dengan menyusui.

"Memberikan asi membantu ibu involusi rahim, ini yang membuat perut kecil, malah kalau tidak dilakukan kadang ada pendarahan," ujar Melanie.

 

Di samping itu, saat menyusui ibu sering kali berkeringat meski di ruangan dengan pendingin udara. Hal tersebut membuat tubuh mengeluarkan keringat laiknya berolah raga sehingga ibu dapat cepat menurunkan berat badan seperti semula jika dibarengi dengan porsi makan yang tepat.

Melanie mengatakan jika ibu membiasakan menyusui malam hari, maka akan membuat penunda kehamilan selama enam bulan pertama. Sebab hormon menyusui aktif ketika malam hari dan menekan hormon kesuburan. Selain itu, Melanie juga mengatakan, memberikan ASI pada anak sangat baik untuk menurunkan risiko kanker dan masalah ovarium.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement