Selasa 27 Sep 2016 14:37 WIB

Begini Ciri Anak Sehat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Balita sehat, anak bergaya (ilustrasi).
Foto: Dok Pibadi.
Balita sehat, anak bergaya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa orang tua yang tidak ingin anaknya sehat? Apakah anak sehat ditandai dengan tubuh yang gemuk atau justru sebaliknya memiliki tubuh kurus. Atau memiliki berat badan normal?

Menurut dokter Dian Permatasari, ciri anak sehat itu berdasarkan promosi kesehatan Kementerian Kesehatan tahun 2016, pertumbuhannya baik, perkembangannya sesuai usia, bibir dan lidah tampak segar, aktif, gesit dan gembira. Si anak juga memiliki mata bersih dan bersinar, mudah beradaptasi dengan lingkungan, nafas tidak bau, nafsu makan baik, kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering.

Selain itu, ia mengatakan untuk mengetahui anak sehat bisa dilihat dari pertumbuhan dan perkembangannya. Sesuaikah dengan usia anak.

Untuk pertumbuhan bisa dilihat dari berat badan, lingkar kepala dan tinggi badan. Sedangkan perkembangannya bisa dilihat dari milestone kids chart.

Misalnya anak usia 12 bulan atau satu tahun biasanya sudah bisa melakukan gerakan sederhana seperti menggeleng untuk mengatakan tidak. Atau melambai untuk dadahan dan juga meniru gerakan dadahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement