Sabtu 24 Sep 2016 12:50 WIB

Ibu Pilek Perlu Tetap Beri ASI pada Bayi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Ibu menyusui bayinya
Foto: Republika/Prayogi
Ibu menyusui bayinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim hujan yang tidak menentu membuat virus yang menyebabkan flu dan pilek menyerang. Ibu yang sedang menyusui jangan khawatir jika terserang pilek sehingga tidak bisa menyusui bayinya.

Terkadang ibu khawatir saat terserang pilek atau batuk tidak bisa menyusui. Padahal dengan kondisi itu, ibu tetap saja dianjurkan menyusui dan tidak menghentikan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif pada bayi.

"Kalau ibu batuk atau pilek, anak tetap harus disusui. Karena anak biar tetap mendapatkan antibodi," kata dokter spesialis anak Melanie Yudiana Iskandar, di acara 'Philips AVENT New Parents Class' di RSD Bunda Menteng, Sabtu (24/9).

Meski antibodi ibu menurun sehingga menyebabkan virus dapat menyerang, bukan berarti anak pun sama. ASI yang dihasilkan tidak akan memberikan virus penyebab pilek atau batuk ke anak.

Justru saat itu anak sedang membutuhkan antibodi yang dihasilkan ASI. Bagaimana pun ASI merupakan penghasil antibodi terbaik bagi bayi."Hanya saja ibu meski pakai masker biar tidak menular melalui udara, jangan malah menghindar," kata Melanie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement