Senin 19 Sep 2016 16:35 WIB

YKI Sosialisasikan Metode Paliatif Kanker

Aru Wisaksono Sudoyo memberikan keterangan terkait penyakit kanker
Aru Wisaksono Sudoyo memberikan keterangan terkait penyakit kanker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menyosialisasikan metode pengobatan paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup penderita kanker dengan memberikan perasaan nyaman. "Masih banyak masyarakat dan para penderita kanker di Indonesia yang belum mengetahui metode paliatif ini. Untuk itu YKI merasa turut bertanggung jawab guna bekerja sama dengan medis dalam menyosialisasikan metode ini," Ketua Yayasan Kanker Indonesia Prof Aru Wisaksono Sudoyo dalam keterangan tertulisnhya Senin (19/9).

Aru yang juga Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia menuturkan metode paliatif menyasar sisi psikologis penderita agar dapat tenang dalam menghadapi penyakitnya. Dia mengatakan bahwa metode perawatan paliatif merupakan salah satu metode yang bersifat terpadu, aktif dan menyeluruh, yang dilakukan dengan pendekatan multidisiplin. Pendeklatan ini juga akan terintegrasi antaradokter, dokter spesialis, perawat, terapis, petugas sosial medis, psikolog, rohaniawan, relawan dan profesional lain yang diperlukan.

Melalui metode paliatif, Aru mengatakan penderita kanker akan belajar untuk berdamai dengan penyakitnya. Sehingga perlahan-lahan mereka tidak lagi melihat kanker sebagai sesuatu menakutkan yang membuat tingkat stres di kalangan penderita semakin tinggi. Karena stres yang tinggi akan memperburuk kondisi penderita.

Sementara menurutnya, penderita kanker sangat perlu memiliki perasaan bahagia dan jauh dari stress untuk membantu proses penyembuhan. "Bagi penderita kanker stadium akhir yang menerapkan metode ini seringkali dapat membuat tingkat harapan hidup mereka lebih panjang dari vonis yang telah dijatuhkan oleh dokter," tuturnya.

Dia mengatakan jika metode pengobatan pada umumnya bertujuan untuk mengobati dan menyembuhkan secara fisik, maka berbeda dengan metode paliatif yang lebih menyasar pada aspek psikologi penderita kanker. Metode paliatif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita kanker dengan menghadirkan rasa tenang dan nyaman tanpa merasa tertekan atas penyakit yang diderita. Baik secara fisik maupun psikis yang berbasis spiritual.

YKI adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement