Jumat 26 Aug 2016 12:54 WIB

Obesitas Tingkatkan Risiko Terkena 8 Jenis Kanker

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Memiliki tubuh gemuk atau bahkan obesitas merupakan sesuatu yang harus diwaspadai.
Foto: Wikipedia
Memiliki tubuh gemuk atau bahkan obesitas merupakan sesuatu yang harus diwaspadai.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda kelebihan berat badan dan mengidap obesitas? Jika ya, hati-hatilah. Pemilik tubuh obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena delapan jenis kanker seperti liver, pankreas, rahim, dan meningioma.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dari daftar kanker tersebut, tampak indeks massa tubuh yang lebih tinggi berkaitan dengan risiko yang lebih tinggi terkena kanker.

"Datangnya kanker karena kelebihan berat badan atau obesitas ternyata lebih banyak dari asumsi selama ini," ujar ahli pencegahan kanker dari Washington University Graham Colditz seperti dikutip dari Indian Express.

(baca: Pilihan Profesi Ternyata Pengaruhi Kesuburan Pria)

Risiko kanker yang berkaitan dengan kelebihan berat badan berlaku bagi laki-laki dan perempuan di seluruh dunia.

Lemak berlebih disebut dapat membuat produksi estrogen, testosteron, dan insulin berlebihan. Hal ini lantas bisa memicu peradangan yang berujung pada pertumbuhan kanker.

Kajian ini memiliki dampak signifikan pada populasi global mengingat tingkat obesitas yang cukup tinggi yakni sebanyak 640 juta orang dewasa dan 110 juta anak-anak di seluruh dunia.

Para peneliti menyebut faktor gaya hidup seperti menjaga asupan makan yang tepat, berolahraga, dan menghindari rokok bisa menghindarkan seseorang dari risiko kanker. "Ini peringatan untuk kita semua. Kita harus serius dalam menyikapi pola makan dan gaya hidup yang sehat," ujar Colditz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement