Selasa 23 Aug 2016 13:58 WIB

Ini Manfaat Makan Daging atau Ikan Saat Sarapan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Ikan bisa jadi pilihan sarapan yang menyehatkan.
Foto: pixabay
Ikan bisa jadi pilihan sarapan yang menyehatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Bosan makan telur atau sereal saat sarapan? Sebagai alternatif, daging dan ikan bisa jadi pilihan yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan.

Anjuran itu disampaikan pelatih kesehatan dari Embody Fitness yang berbasis di London, Greg Cornthwaite. Ia menyarankan sarapan dengan hidangan ikan atau daging untuk tubuh lebih bugar dan ramping.

Menurut Greg, sarapan sekira 500 kalori tinggi protein dan lemak serta rendah karbohidrat akan mencegah tubuh menumpuk lemak. Beberapa yang ia sarankan termasuk daging sapi, daging domba, daging rusa, dan daging cincang.

"Sarapan dengan pilihan menu tersebut memberi tubuh Anda protein esensial dan lemak untuk mengoptimalkan metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah," ujar Greg kepada Express UK. Salah satu pilihan sarapan Greg adalah daging sapi cincang dengan brokoli dan bawang merah. Makanan ini tinggi serat, juga kaya akan seng, vitamin A, B1, B12, B6, zat besi, kalium, dan kalsium.

Sementara, mereka yang doyan daging rusa dapat menyajikannya dengan collard hijau dan tomat goreng. Sarapan kaya vitamin A, B6, C, dan K, serat, serta potasium itu dijamin membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah keinginan ngemil sampai waktu makan siang.

Bagi mereka yang lebih suka ikan daripada daging, Greg menyarankan konsumsi ikan mackerel goreng. Hidangan tersebut tak diragukan kesehatannya karena penuh dengan protein, asam lemak omega 3, vitamin A, B1 B6 dan E dan kalium, magnesium, kalsium dan zat besi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement