Sabtu 30 Jul 2016 00:26 WIB

Tidur Siang Jangan Lebih dari 40 Menit, Ini Alasannya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Tidur siang meski sebentar sangat bermanfaat. Enam menit saja pun cukup membuat otak menyegarkan diri
Foto: SIESTA
Tidur siang meski sebentar sangat bermanfaat. Enam menit saja pun cukup membuat otak menyegarkan diri

REPUBLIKA.CO.ID, Jika dilakukan dengan benar, tidur siang dapat meningkatkan produktivitas sekaligus menyegarkan badan. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur siang yang berkualitas.

Tim peneliti dari American College of Cardiology telah memiliki jawabannya. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, tim peneliti melakukan analisa terhadap kebiasaan tidur dan kesehatan pada 300 ribu orang di seluruh dunia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur siang terlalu lama justru memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur siang terlalu lama justru dapat memicu timbulnya beberapa penyakit yang cukup berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya tidur siang tidak dilakukan lebih dari 40 menit.

Tidur siang lebih lama dari 40 menit dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan sindrom metabolik. Beberapa masalah kesehatan tersebut meliputi kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan penumpukan lemak di bagian pinggang.

Yang lebih mengkhawatirkan ialah ketika tidur siang dilakukan selama 90 menit atau lebih. Tidur siang dengan durasi lebih lama dari 90 menit ini dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes Tipe 2. Seperti dilansir Cosmopolitan, peningkatan risiko diabetes Tipe 2 akibat terlalu lama tidur siang mencapai 50 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement