Kamis 28 Jul 2016 13:50 WIB

6 Makanan Ini Berisiko Meracuni Tubuh

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Tiram
Foto: Dailyrecord
Tiram

REPUBLIKA.CO.ID, Pengacara William 'Bill' Marler sudah bergelut di bidang keamanan makanan selama 20 tahun. Berdekatan dengan kasus-kasus keamanan makanan membuat Bill menyadari bahwa ada beberapa makanan kerap ia temukan dalam kasus makanan beracun.

Dari pengalaman profesionalnya, Bill memutuskan untuk tidak pernah lagi mengonsumsi enam makanan dengan risiko peracun makanan besar. Berikut ini ialah enam makanan yang dijauhi Bill seperti dilansir Daily Record.

Tiram mentah

Tiram mentah kerap disajikan sebagai sebuah hidangan berkelas di restoran mewah. Meski begitu, ada 'sisi gelap' di balik makanan yang tampak anggun ini.

Bill mengungkapkan bahwa ada lebih banyak penyakit bawaan akibat makanan yang berhubungan dengan kerang dalam lima tahun terakhir. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan temuan 20 tahun sebelumnya. Bill mengatakan peningkatan kasus tersebut lebih disebabkan oleh pemanasan global, dan bukan pada praktik kebersihan makanan yang kurang baik.

"Seiring dengan meningkatnya suhu air secara global, pertumbuhan mikroba terjadi, yang kemudian berakhir pada tiram mentah yang diseruput oleh konsumen," jelas Bill.

Buah dan sayuran potong kemasan

Untuk alasan keamanan pangan, Bill sangat tidak menyukai buah-buahan dan sayuran kemasan siap makan yang sudah dicuci dan dipotong. Bill mengibaratkan buah dan sayur potong kemasan ini sebagai sebuah wabah. Alasannya, proses pencucian, persiapan dan pengemasan yang harus dilalui buah dan sayur menyebabkan kedua makanan ini harus melalui proses produksi yang panjang sehingga risiko kontaminasi makanan pun lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement