Rabu 27 Jul 2016 09:19 WIB

Apa Manfaat Air Lemon Hangat yang Sebenarnya?

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Minuman air lemon
Foto: pixabay
Minuman air lemon

REPUBLIKA.CO.ID, Mengawali hari dengan segelas air lemon hangat akan memberi manfaat baik bagi tubuh. Hanya saja, manfaat dari air lemon hangat terkadang terlalu dibesar-besarkan sehingga minuman ini dianggap sebagai detoks 'ajaib'.

Air lemon hangat bukanlah minuman detoks yang 'ajaib'. Meski begitu, air lemon hangat memang memiliki beberapa keunggulan yang telah terbukti manaatnya bagi kesehatan. Berikut ini ialah tiga fakta di balik air lemon hangat sebagaimana dilansir Shape.

Lemon Memperbaiki Pencernaan

Dalam beberapa kasus, asam sitrun dari lemon dapat merangsang keram atau sakit perut. Akan tetapi, penelitian menunjukkan pula bahwa asam sitrun dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap aluminium hidroksida yang merupakan bahan aktif dalam pembuatan obat antasida.

Asam alami dari sari lemon dapat membantu tubuh untuk mengoptimalkan lingkungan asam di dalam perut. Hanya saja, tiap individu dapat merasakan efek yang berbeda-beda.

Sari Lemon Meningkatkan Penyerapan Mineral

Kandungan vitamin C dalam sari lemon telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral. Manfaat ini tidak hanya bisa didapatkan dari air lemon hangat saja. Karena, vitamin C merupakan vitamin yang terdapat di banyak sayuran atau pun buah-buahan.

Oleh karena itu, jika tidak bisa meminum air lemon hangat untuk mengawali pagi, ada beberapa buah dan sayur yang dapat menjadi alternatif pengganti. Beberapa sumber vitamin C yang tak kalah dari buah-buahan sitrus ialah paprika, kubis, strawberry, brokoli dan juga bayam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement