Jumat 22 Jul 2016 07:05 WIB

Bosan dengan Olahraga Biasa? Cobalah Berkuda

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Menunggang kuda (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Menunggang kuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Olahraga seperti jogging dan latihan beban kadang menjadi cukup membosankan. Hal ini terjadi karena seseorang terbiasa dengan olahraga-olahraga tersebut. Tetapi, masih banyak olahraga lain yang dapat menyehatkan tubuh dan membuat kita menjadi bugar. Salah satunya adalah menunggangi kuda.

Meskipun terlihat sederhana, ternyata olahraga ini cukup memiliki banyak manfaat. Dilansir Boldsky, berikut manfaat yang didapatkan saat menunggangi kuda.

Ketika berkuda, tubuh akan secara bertahap belajar untuk bergerak bersamaan dengan gerakan kuda. Kegiatan ini akan melibatkan otot pinggul dan otot perut. Berkuda dapat meningkatkan kesadaran seseorang dari gerakan tubuh.

Saat melakukan beberapa aktivitas, tubuh dan pikiran akan mulai berkoordinasi menjadi lebih baik. Jadi, kegiatan berkuda ini juga meningkatkan keterampilan koordinasi seseorang.

Dengan berolahraga berkuda, kapasitas kardiovaskular seseorang akan tertantang. Apalagi jika menunggangi kuda dalam durasi cukup panjang.

Otot panggul seseorang juga akan terlatih dengan baik ketika sedang berkuda. Hal ini dapat meningkatkan fungsi otot serta fleksibilitas dalam otot.

Selain itu kekuatan tubuh seseorang akan berkembang ketika melakukan aktivitas berkuda secara teratur. Tubuh akan menggunakan otot tertentu untuk tetap seimbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement