Rabu 29 Jun 2016 10:07 WIB

Cuka Apel Pelawan Sinus

Rep: mg/ Red: Andi Nur Aminah
Cuka apel
Foto: Boldsky
Cuka apel

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut penelitian, lebih dari satu juta orang menderita infeksi pernafasan berupa sinus. Infeksi ini dapat menyebabkan masalah yang sangat mengganggu seperti hidung tersumbat, sakit kronis di bagian mata, sakit kepala dan lainnya.

Gejala ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Banyak pengobatan yang menawarkan penyembuhan dari sinus, salah satunya operasi. Namun, operasi dari sinus juga yang masih ditakuti oleh sebagian orang karena efek sampingnya.

    

Obat paling mujaraab untuk menyembuhkan infeksi ini adalah dengan bantuan bahan alami dan obat rumahan. Salah satu obat rumah yang dimaksud adalah cuka apel. Ini dikarenakan senyawa yang terkandung dalam cuka apel dapat mengobati infeksi dan menghentikan infeksi yang semakin buruk.

Sifat alkali dikombinasikan dengan agen anti-inflamasi akan mengaktifkan bahan alami ini secara signifikan untuk mengobati infeksi sinus. Dilansir Boldsky, berikut cara sederhana menggunakan cuka apel untuk mengobati infeksi sinus.

    

Jamu cuka apel

    

Jamu cuka apel adalah yang paling sederhana untuk dibuat. Cukup dengan menambahkan dua sendok teh cuka apel dalam segelas air hangat. Konsumsi minuman ini setidaknya dua hingga tiga kali sehari untuk perubahan yang maksimal.

Cuka apel dengan madu

    

Pembuatannya dengan mencampurkan satu setengah sendok makan madu dan satu sendok makan cuka apel. Konsumsi dua kali sehari. Sifat antibakteri dari kedua bahan ini dapat meredakan ketidaknyamanan dan mencegah bakteri penyebaran infeksi.

    

Cuka apel uap

    

Pembuatannya dengan menambahkan tiga hingga empat sendok makan cuka apel ke panci air panas. Tutup kepala dan lakukan penguapan. Ini akan mengurangi sumbatan di hidung dan meredakan gejala yang berhubungan dengan sinus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement