Rabu 29 Jun 2016 09:21 WIB

7 Makanan Ini Bisa Menimbulkan Rasa Gelisah

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Secangkir kopi
Foto: pixabay
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID, Rasa gelisah biasanya disebabkan oleh ketiadaan kadar neurotransmiter dan GABA yang cukup di otak. Atau juga karena terlalu banyaknya hormon penyebab gelisah seperti glutamat dan epinefrin. Meski begitu, beberapa makanan bisa memicu rasa gelisah yang lebih parah dan juga lebih sering. Berikut ini ialah tujuh makanan pemicu rasa gelisah yang perlu diwaspadai seperti dilansir Prevention.

Kopi

Ahli diet terdaftar Ali Miller mengatakan kopi dapat menjadi pemicu dari rasa gelisah. Meski begitu, Miller mengatakan konsumsi kopi tidak harus dihentikan sama sekali. Hanya saja, kopi perlu Anda hindari ketika Anda merasa sedang kurang baik.

Pasalnya, kafein dalam kopi memiliki efek stimulan pada sistem saraf karena kafein dapat menyebabkan terlepasnya hormon streas, cortisol. Hormon ini membuat tubuh terdorong untuk memberi respons 'bertarung' sehingga pada akhirnya mempertajam rasa gelisah dan menyebabkan masalah tidur.

Di samping itu, meski kafein dapat meningkatkan kadar seretonin yang membuat bahagia, terlalu banyak seretonin akibat kafein berlebih dapat merugikan. Kondisi ini dapat menguras neurotransmiter tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement