Rabu 29 Jun 2016 07:58 WIB

6 Gejala 'Sepele' Jadi Pertanda Masalah Jantung

Sakit Jantung (Ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Sakit Jantung (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sampai saat ini, penyakit jantung masih menempati urutan pertama sebagai penyakit paling mematikan. Oleh karena itu, banyak orang yang mewaspadai berbagai gejala penyakit jantung seperti nyeri pada dada, mual, berkeringat, jantung berdebar hingga lemas.

Akan tetapi, jarang ada yang menyadari bahwa ada beberapa gejala lain yang terlihat sepele namun ternyata merupakan pertanda bahwa jantung dalam kondisi 'berbahaya'. Berikut ini ialah enam gejala penyakit jantung yang jarang disadari penderita sakit jantung seperti dilansir LewRockwell.

Bau Mulut

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau mulut terjadi, seperti makanan misalnya. Anda perlu mewaspadai bau mulut jika bau mulut yang Anda alami berasal dari penyakit gusi. Pasalnya kondisi tersebut dapat menjadi indikasi adanya masalah pada jantung Anda.

Penyakit gusi biasanya akan menyebabkan inflamasi yang kemudian dapat berujung pada penyakit jantung serta stroke. Untuk menurunkan risiko penyakit jantung ini, Anda dapat melakukan perawatan terhadap penyakit gusi yang Anda derita segera setelah Anda mendeteksinya melalui bau mulut.

Menguap Saat Olahraga

Penelitian dari SUNY Albany menemukan bahwa menguap dapat mendorong oksigenasi darah dan pendinginan otak. Berdasarkan temuan tersebut, menguap saat berolahraga merupakan hal yang masuk akal terjadi. Akan tetapi, Anda perlu waspada ketika Anda sering menguap saat melakukan aktivitas fisik.

Pasalnya, frekuensi menguap yang cukup sering saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik merupakan pertanda bahwa pusat pendinginan tubuh tidak bekerja secara efektif. Ketidakefektifan tersebut merupakan pertanda adanya peredaran darah yang tidak lancar.

Pusing Saat Berdiri

Pusing setelah berdiri dikenal dengan istilah hipotensi ortostatik. Biasanya pusing yang timbul hanya bersifat sementara dan berlangsung dalam kurun waktu beberapa detik saja. Akan tetapi, Anda perlu waspada jika rasa pusing yang timbul setelah Anda berdiri ini berlangsung hingga beberapa menit.

Pusing yang berlangsung hingga beberapa menit ini dapat mengindikasikan adanya masalah dalam peredaran darah. Di samping itu, penelitian juga menunjukkan bahwa individu yang merasakan pusing dalam waktu lama setelah berdiri memiliki risiko gagal jantung hingga 54 persen di kemudian hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement