Senin 27 Jun 2016 06:58 WIB

Ternyata Posisi Duduk yang Benar Pengaruhi Kesehatan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Posisi duduk yang benar mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Posisi duduk yang benar mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, Meski terkesan sepele, posisi duduk sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu dampak dari posisi duduk yang salah adalah nyeri punggung. Office of National Statistic bahkan mencatatnyeri punggung menyebabkan pengajuan izin sakit oleh para karyawan di Inggris hingga 31 hari per tahun.

Oleh karena itu, posisi duduk yang benar penting untuk dipelajari dan dipraktikkan, khususnya bagi para karyawan yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk. Berikut ini ialah tujuh langkah yang dapat membantu Anda memperbaiki posisi duduk seperti dilansir Net Doctor.

Pijakkan Kaki

Saat duduk, pastikan kaki Anda berpijak dengan sejajar. Jika Anda menggunakan hak tinggi saat bekerja, Anda dapat melepaskan sepatu hak tinggi Anda selama duduk di balik meja, sehingga tumit Anda berada pada posisi sejajar di atas lantai. Jika kaki Anda tak sampai menyentuh lantai, Anda dapat memijakkan kaki Anda dengan sejajar pada pijakan kaki di meja atau lainnya.

Sudut yang Tepat

Untuk duduk dalam posisi sempurna, posisi lutut Anda harus lebih rendah dibandingkan posisi pinggul Anda. Posisi lutut yang lebih tinggi dibandingkan posisi pinggul dapat menyebabkan tulang panggul Anda miring sehingga timbul tekanan pada punggung bagian bawah Anda. Di samping itu, Anda juga harus menghindari posisi duduk dengan menyilangkan kaki karena posisi ini akan memberi tekanan pada satu sisi kaki yang menyebabkan aliran darah terhambat.

Bertumpu Pada Tulang Duduk

Dalam salah satu gerakan yoga, ada posisi di mana peserta yoga harus duduk dengan bertumpu pada tulang duduk. Posisi duduk dengan bertumpu pada tulang duduk pada dasarnya perlu dilakukan setiap kali Anda duduk, bukan hanya ketika melakukan yoga saja. Untuk menemukan posisi tulang duduk, Anda bisa secara diam-diam mengangkat bagian bokong Anda dengan kedua tangan saat akan duduk.

Dengan mengangkat bagian bokong dengan tangan, Anda akan dengan mudah duduk pada posisi paling bawah dari tulang panggul Anda yang merupakan posisi tulang duduk. Kemudian posisikan tulang duduk Anda di bagian paling belakang kursi sehingga posisi duduk Anda akan terasa lebih nyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement