Ahad 05 Jun 2016 08:33 WIB

Diet Mediterania Bisa Cegah Kanker Payudara Kambuh

Rep: C38/ Red: Nur Aini
Skema Diet Mediterania
Skema Diet Mediterania

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penelitian terbaru menemukan, diet ala Mediterania dapat mengurangi kemungkinan kanker payudara datang kembali. Para peneliti mengungkapkan temuan itu dalam konferensi kanker terbesar sedunia di Chicago.

Dilansir dari Mirror.co.uk, Ahad (5/6) lebih dari 300 juta orang Inggris didiagnosis dengan berbagai jenis kanker setiap tahun. Satu dari delapan perempuan Inggris menderita kanker payudara dalam hidup mereka. Banyak yang mampu melawan penyakit itu ketika didiagnosis cukup awal, tetapi kemudian ketakutan itu muncul kembali.

Sebuah penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa diet ala Mediterania dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Namun, kini penelitian baru menunjukkan konsumsi pola makan ikan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun dapat mengurangi kemungkinan kanker payudara datang kembali.

Penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncology (ASCO). Para ilmuwan mempelajari lebih dari 300 perempuan yang telah dirawat karena kanker payudara stadium awal. Mereka kemudian dibagi dua kelompok. Setengahnya mengikuti diet Mediterania, sedangkan yang lain diet normal.

Setelah tiga tahun, 11 pasien dalam kelompok diet normal menemukan kanker payudara mereka datang kembali. Tapi, tidak ada pasien kelompok kedua yang kambuh. "Penerapan diet Mediterania dalam penelitian ini telah mengurangi risiko kekambuhan kanker," kata ketua peneliti, Claudia Biasini dari Rumah Sakit Piacenza, Italia.

Ketakutan akan kembalinya kanker payudara adalah salah satu masalah terbesar bagi pasien kanker pascapengobatan. Lembaga amal kanker menyambut baik temuan itu, tetapi menyatakan perlunya studi lebih lanjut mengingat penelitian tersebut masih relatif kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement