Rabu 01 Jun 2016 06:32 WIB

Obat Generik Murahan, Benarkah?

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Obat generik (ilustrasi)
Foto: torange
Obat generik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga obat generik umumnya lebih murah dari obat biasa. Tapi apakah harganya setara dengan kualitasnya, alias murahan? Itu hanya anggapan yang tidak berdasar.

Obat generik memiliki kualitas yang tidak kalah dengan obat-obat lain yang mahal harganya. Obat generik juga mengandung zat aktif yang sama dengan obat original.

Presiden Direktur PT Actavis Indonesia Parulian Simandjuntak menjelaskan, jika produk generik terutama generik bermerk milik perusahaannya memiliki komponen yang sama dan berkualitas baik. Obat generik juga memiliki tahapan yang sudah dijamin oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga tidak bisa sembarangan.

"Apalagi produk kami juga sudah teruji di Eropa, kalau pakai istilah Indonesia  CPOB (cara produksi obat yang baik)," kata Parulina, Selasa (31/5).

Dia menjelaskan, obat generik juga memiliki pemeriksaan yang ketat. Seperti di perusahannya yang cukup selektif, mulai dari pemilihan perusahaan bahan baku yang selalu dicek, hingga pengolahan produk yang bisa menghasilkan maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement