Selasa 31 May 2016 09:02 WIB

Makanan Tertentu Picu Kanker, Dokter Paparkan Penangkalnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Buah apel
Foto: ist
Buah apel

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah makanan disebut bersifat karsinogen atau zat yang bertanggung jawab menyebabkan keganasan atau kanker. Apa benar demikian? Sebenarnya jenis makanan apa sajakah yang menyebabkan kanker.

Menurut spesialias penyakit dalam dr Hilman Tadjoedin, SpPD, KHOM, ada sejumlah makanan yang bersifat karsinogen. Makanan pertama adalah makanan yang diolah dengan temperatur tinggi, makanan yang diasapkan atau makanan yang diasinkan yang mengandung nitrit dan nitrat.

Selain itu makanan lain yang menyebabkan keganasan adalah terasi atau blacan, alkohol juga oncom.

Sedangkan untuk menghambat keganasan atau kanker ia menyarankan sebaiknya konsumsi sayur dan buah. Misalnya brokoli, tomat, jeruk apel, delima, dan lainnya. Bisa juga konsumsi bawang putih, kacang-kacangan, kedelai, dan ikan.

Selain itu sebaiknya ganti asam lemak jenuh dengan tidak jenuh. Misalnya minyak kelapa diganti dengan minyak zaitun atau minyak jagung.

Bukan hanya itu, teh hijau juga bisa mencegah keganasan karena kaya akan polifenol. Juga banyak minum air putih sekitar delapan gelas sehari.  

"Walaupun makanan tersebut disarankan, namun diet sehat bukan dianggap senjata pamungkas untuk hambat kanker," jelasnya dalam seminar media pengobatan paripurna pada kanker nasofaring, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement