Selasa 03 May 2016 17:13 WIB

Pekan Imunisasi Dunia 2016 Ajak Seluruh Warga Tutup Kesenjangan Imunisasi

Petugas kesehatan memberikan imunisasi Polio kepada seorang anak di salah satu pusat perbelanjaan, Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (14/3).
Foto: Antara/Indrayadi TH
Petugas kesehatan memberikan imunisasi Polio kepada seorang anak di salah satu pusat perbelanjaan, Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (14/3).

REPUBLIKA.CO.ID, Pekan Imunisasi Dunia telah diselenggarakan sejak 2012 dan dilaksanakan pada minggu terakhir di bulan April setiap tahun. Seperti hari dan pekan untuk memeringati suatu upaya kesehatan, maka Pekan Imunisasi Dunia sudah dilaksanakan di hampir semua negara di dunia, yaitu di 180 negara sejak empat tahun lalu.

Dalam pidato Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI, Mohamad Subuh yang dibacakan oleh Kasubdit Imunisasi, Prima Yosephine, dalam seminar media dalam rangka pekan imunisasi dunia, tujuan penyelenggaraan Pekan Imunisasi Dunia adalah meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi.

“Melalui penyelenggaraan Pekan Imunisasi Dunia ini, kita dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat dalam rangka menyikapi isu-isu yang tidak benar yang berkembang di masyarakat,” jelasnya belum lama ini di Bandung, Jawa Barat.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan imunisasi rutin akan berjalan optimal dan memenuhi target cakupan imunisasi sehingga kesenjangan imunisasi akan berkurang dan dapat memberikan perlindungan sepanjang hidup bagi semua orang dan mempercepat pengendalian penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai momentum guna menggalang dukungan dan kerja sama serta membangkitkan peran tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan imunisasi.

Tema Pekan Imunisasi Dunia 2016 adalah Menutup Senjang Imunisasi, Imunisasi Untuk Semua Sepanjang Hidup. Kedua hal ini sangat tepat dan relevan dengan situasi Indonesia. Sebab, mengandung pesan tentang pentingnya imunisasi bagi seluruh lapisan masyarakat di semua kelompok umur dan pentingnya menjaga cakupan imunisasi yang tinggi merata, berkualitas, dan terjangkau.

Di Indonesia, tahun ini Pekan Imunisasi Dunia diselenggarakan di lima Provinsi, yaitu  Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Sulawesi Selatan. Pada peringatan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2016 di Provinsi Jawa Barat, pihaknya dan instansi terkait menyelenggarakan seminar awam dan seminar media tentang pentingnya imunisasi. 

Seminar ini diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dan mewujudkan budaya masyarakat yang mau serta peduli untuk mengizinkan anak mereka diberi imunisasi pada saat bayi, batita, dan saat anak mereka duduk di bangku sekolah dasar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement