Senin 02 May 2016 06:29 WIB

Tak Mau Stres? Hindari Tiga Makanan Ini

Rep: Wilda fizriyani/ Red: M Akbar
Perempuan sedang stres
Foto: flickr
Perempuan sedang stres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres bisa dicegah dan dilawan dengan sejumlah makanan tertentu. Akan tetapi terdapat pula makanan yang justru memperburuk level stres Anda.

Berikut ini makanan yang perlu dihindari saat Anda merasa stress seperti dikutip laman Womanitely, Senin (2/5).

1. Roti putih dan kue-kue

Roti putih dan sebagian kue-kue mengandung tepung putih, gula, sodium, dan bahan aditif. Bahan-bahan ini ternyata yang tidak hanya berbahaya bagi pinggang tetapi untuk kesehatan mental dan fisik juga.  Makanan yang mengandung tepung putih dinilai bisa mempengaruhi sistem pencernaan yang menyebabkan stres tambahan untuk tubuh Anda.

2. Makanan bergula

Es krim, susu cokelat, donat dan makanan manis lainnya dapat memuaskan hasrat dan meningkatkan suasana hati. Namun manfaat ini terasa hanya waktu yang sangat singkat. Ketika stres, kortisol pada tubuh juga ikut meningkat. Tingkat kortisol yang tinggi secara signifikan dapat merusak kesehatan.

3. Teh, kopi, minuman energi kakao

Minuman energi, kopi dan teh biasa dikonsumsi untuk meningkatkan energi dan suasana hati. Namun kandungan theobromine yang tinggi, kafein dan neuro-stimulator lain justru dianggap bisa meningkatkan level stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement