Ahad 01 May 2016 13:29 WIB

Yuk, Jangan Jadikan Saat Haid Jadi Hambatan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Nyeri haid
Foto: ist
Nyeri haid

REPUBLIKA.CO.ID, Survei yang dilakukan Frontier menyatakan bahwa  62,7 persen dari wanita Indonesia mengalami nyeri yang mengganggu pada saat menstruasi atau hadi. Kondisi ini menjadi kendala bagi wanita dalam beraktivitas. 

Menurut Public Relations OT perusahaan yang memroduksi minuman Kiranti, Michael Bliss, pada dasarnya, menstruasi diawali dengan pelepasan hormon prostaglandin oleh tubuh. Pelepasan hormon ini merangsang kontraksi otot rahim dan kemudian menyebabkan terjadinya peluruhan lapisan dinding rahim. Selama proses ini muncul berbagai efek pada tubuh wanita seperti rasa nyeri atau kram dan keputihan. 

Sedangkan menurunnya kadar hormon estrogen dan progesteron selama menstruasi, juga memengaruhi kondisi psikis yang ditandai dengan berubah-rubahnya mood atau mood swing. "Maka, tak heran bila keluhan-keluhan tersebut, menjadi tiga keluhan teratas saat menstruasi dan diakui sangat mengganggu keseharian wanita. Padahal, di masa modern ini, wanita dituntut untuk selalu aktif dan energik menyelesaikan tugas-tugas multiperannya," jelasnya pada acara Yoga in the Air with Kiranti, di Plaza Semanggi, Jakarta,  Sabtu (30/4).

Melalui kampanye ‘Stay Fresh and Healthy with Kiranti', dia melanjutkan Kiranti mengajak wanita Indonesia tidak menjadikan menstruasi sebagai halangan dan tetap segar dalam menjalani aktivitas hariannya, yaitu dengan kembali kepada bahan-bahan alami dan rutin melakukan yoga.

Ia mengatakan sebagai produk yang telah menemani dan dipercaya wanita Indonesia selama 22 tahun, Kiranti meluncurkan kampanye ‘Stay Fresh and Healthy with Kiranti'. Banyak wanita memilih cara instan untuk menghilangkan rasa nyerinya. Mereka tidak memperhatikan lagi efek samping dari apa yang diasup tubuhnya. Dan, ketika rasa nyeri dan tidak nyaman karena menstruasi menyerang, mereka cenderung malas bergerak, apalagi berolahraga.  Padahal olahraga, mampu mempelancar aliran darah yang dapat mengurangi rasa nyeri itu sendiri.

"Oleh karenanya, kampanye stay fresh and fealthy with Kiranti mengajak wanita Indonesia untuk memilih cara yang sehat dan terbaik, yaitu melalui bahan-bahan alami dan berolahraga,” tambahnya.

Kampanye ini dijalankan dalam sebuah aktivasi yoga yang unik yaitu Yoga in the Air yang mengambil tempat Rooftop Plaza Semanggi.

Selain melakukan yoga bersama, dalam acara ini Kiranti juga memperkenalkan kemasan dan teknologi terbaru. Tampilan kemasan baru membuat Kiranti terlihat lebih modern dan fresh. 

Acara Yoga in the Air didukung oleh beberapa pihak yaitu, Komunitas Yoga Gembira, Plaza Semanggi, dan Gorry Gourmet. “Kiranti dan yoga merupakan dua hal positif yang bertujuan untuk membantu menjaga kesehatan wanita ketika menjalani siklus menstruasi,” ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement