Selasa 26 Apr 2016 08:50 WIB

Jangan Buang Nasi Sisa, Ini Manfaatnya

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Nasi putih
Foto: ist
Nasi putih

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda memiliki nasi sisa di rumah, jangan dibuang begitu saja. Nasi sisa ternyata memiliki manfaat kesehatan, bagaimana bisa?

Dilansir dari Times of India, yang harus Anda lakukan adalah merendam nasi di dalam wadah tanah liat semalaman. Nasi akan berfermentasi keesokan harinya dan sajikan dengan bawang mentah sebagai menu sarapan.

Nasi tersebut berfungsi sebagai pendingin alami. Jika dikonsumsi secara teratur, akan mengurangi panas dalam tubuh. Selain itu, nasi sisa kaya akan serat dan membantu meringankan sembelit.

Fungsi lainnya, nasi sisa bisa memberikan tenaga bagi tubuh Anda dalam menjalani aktivitas. Begitupun jika Anda menderita maag, nasi sisa bisa dikonsumsi tiga kali seminggu di pagi hari, untuk cepat sembuh.

Jika Anda termasuk pecandu teh atau kopi, mengonsumsi nasi sisa di pagi hari dapat mengurangi kecanduan. Anda akan cenderung melepaskan keinginan untuk minum teh atau kopi pagi.

Sebuah studi menunjukkan, nasi sisa memiliki tinggi kandungan mikro-nutrisi dan mineral, seperti zat besi, kalium, dan kalsium. Nasi sisa adalah menu baik untuk sarapan karena membantu Anda tetap sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement