Senin 25 Apr 2016 07:35 WIB

5 Manfaat Tidur Miring ke Kiri

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.
Foto: pixabay
Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Setelah lelah bekerja seharian, tidur berguna untuk mengembalikan energi yang terbuang. Durasi tidur sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik, tapi ternyata posisi tidur juga menjadi faktor penting untuk kesehatan tubuh.

Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui posisi tidur miring ke kanan merupakan posisi tidur terbaik. Namun, posisi tidur menyamping ke kiri juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Dilansir dari Lifehack, berikut manfaat-manfaat yang didapat dari tidur miring ke kiri.

Menyongkong sistem limfatik

Menurut pengobatan Ayurvedic, tidur di sisi kiri Anda memungkinkan tubuh Anda untuk cairan penyaring getah bening yang lebih baik dan limbah melalui kelenjar getah bening sebagai sisi kiri tubuh kita adalah sisi limfatik yang dominan. Penelitian Barat juga telah menemukan bahwa tidur di sisi kiri dapat membantu proses tubuh bahan limbah dari otak. Sebaliknya, tidur di sisi kanan Anda dapat menurunkan efisiensi sistem limfatik ini.

Memperbaiki pencernaan

Tidur di sisi kiri menyebabkan lambung dan pankreas menggantung secara alami, yang akan membantu pencernaan makanan jauh lebih efisien dapat menjaga perkembangan enzim prankeas. Enzim pankreas dilepaskan dari pankreas ketika diperlukan, limbah makanan lebih mudah berpindah dari usus besar transversal (mendatar) ke usus besar desenden (turun). Metabolisme juga akan mudah bergerak karena peningkatan gravitasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement