Senin 25 Apr 2016 07:16 WIB

Daftar Sayuran Penyebab Gas Berlebih

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Kubis
Foto: pixabay
Kubis

REPUBLIKA.CO.ID, Makan siang yang sehat membantu untuk mengembalikan energi tubuh dan meningkatkan tingkat gula darah. Namun, dari makan siang kita bisa mendapatkan gas yang berlebih, meskipun makan siang di waktu yang tepat.

Tubuh manusia menghasilkan antara 500-1.500 ml gas per hari yang berasal dari makanan, minuman, dan udara yang dihirup. Kemudian, orang mengeluarkan gas tersebut dengan sendawa atau buang gas. Namun, kadang-kadang orang menjadi menderita karena gas berlebih yang bisa menyakitkan dan memalukan.

Makanan yang kita makan saat makan siang menentukan berapa jumlah gas yang masuk ke dalam perut, tak terkecuali sayuran. Dilansir dari Boldsky, berikut sayuran yang dapat menyebabkan gas berlebih dalam perut.

Buncis

Buncis termasuk jenis makanan sehat, namun dapat menyebabkan produksi gas bertambah karena buncis mengandung gula rafinos dan serat larut yang cukup tinggi dan sulit untuk dicerna. Molekul gula ini dapat dipecah dengan merendam buncis semalaman.

Kacang polong

Seperti buncis, kacang polong juga kaya akan serat oligosakarida yang sulit dicerna dan menghasilkan gas yang berlebihan.

Kubis

Kubis adalah sayuran pembentuk gas berlebih lainnya. Walaupun kubis merupakan sayuran yang sangat bergizi, tetapi juga memiliki gas yang berlebih jika dikonsumsi dengan porsi banyak saat makan siang.

Gandum

Gandum mengandung protein yang dikenal sebagai gluten. Banyak orang yang alergi dengan protein ini, sehingga mendapatkan gas yang berlebih. Untuk menu makan siang lebih baik hindarilah makanan yang menggunakan gandum sebagai bahan bakunya.

Kentang

Kentang merupakan sayuran favorit semua orang. Namun, kentang mengandung zat tepung, yang dikenal untuk menghasilkan gas yang berlebih dalam lambung. Kandungan karbohidrat didalamnya juga dapat menimbulkan gas saat dicerna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement