Ahad 10 Apr 2016 00:02 WIB

Ini Negara dengan Pola Makan Tersehat yang Patut Ditiru

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Pola makan kaya sayur, ikan, hingga minyak zaitun dianggap lebih menyehatkan tubuh.
Foto: pixabay
Pola makan kaya sayur, ikan, hingga minyak zaitun dianggap lebih menyehatkan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, World Health Organization (WHO) mengungkapkan lebih dari 400 juta orang menderita diabetes. Kasus diabetes tipe 2 pun mengalami peningkatan secara global.

Berbeda dengan diabetes tipe 1 yang cenderung 'diwariskan', diabetes tipe 2 lebih sering terjadi karena dilatarbelakangi oleh faktor obesitas dan umur. Penyakit ini membuat pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk memproses gula dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengadopsi pola makan yang sehat dapat menghindarkan seseorang dari risiko terkena diabetes tipe 2. Berikut ini ialah beberapa pola makan tersehat dari berbagai negara yang dapat diadopsi untuk menghindari risiko diabetes tipe 2 dan penyakit berbahaya lainnya.

Mediterania

Menu makanan khas Mediterania seringkali menjadikan buah serta sayuran segar, sereal gandum, kacang-kacangan, ikan dan produk susu hingga minyak zaitun sebagai sumber lemak yang sehat. Banyak penelitian yang menemukan bahwa kombinasi makanan ala Mediterania berkaitan dengan kesehatan tubuh yang lebih baik serta penurunan risiko dari beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga diabetes tipe2.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa makanan khas Mediterania khususnya berkenaan dengan buah berry dan strawberry dapat mencegah Alzheimer. Juru Bicara British Dietic Association Anna Daniel juga mengatakan bahwa pola makan atau diet ala Mediterania merupakan salah satu diet yang paling terbukti baik untuk kesehatan jantung dan umur panjang.

(baca: 12 Makanan Tinggi Kandungan Vitamin D)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement