Rabu 02 Mar 2016 10:42 WIB

Tujuh Pengobatan Ayurveda untuk Masalah Lambung

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Pisang
Foto: pixabay
Pisang

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Hyperacidity atau kelebihan asam adalah kondisi dimana perut menghasilkan gas lambung yang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan heartburn, yakni rasa hangat atau seperti terbakar dan tidak nyaman di dada, bersendawa, buang angin atau kentut.

Ketika dibiarkan tidak diobati, masalah lambung dapat menyebabkan masalah tenggorokan, termasuk kanker esofagus. Dalam Ayurveda, yakni bentuk pengobatan alternatif yang biasa dilakukan di India, hyperacidity disebabkan oleh gangguan pada pitta dosha. Ketika pitta dosha terganggu, asam mulai memanjat naik menuju esofagus.

Untuk meringankan gejala dan mengatasi hyperacidity, ada beberapa pengobatan Ayurvedia yang efektif seperti dilansir dari laman Megabored.

 

Pisang

Pisang kaya akan kalium. Mineral ini membantu mengatur produksi asam di perut. Nutrisi yang ada pada pisang juga akan membuat selaput lendir di perut lebih kental. Hal ini dapat melindungi jaringan lembut dari luka penyebab asam.

Pisang juga tinggi serat, yang bisa merangsang pencernaan. Sebagai pengobatan untuk hyperacidity, cobalah makan pisang matang setiap hari. Jika Anda sanggup, makanlah satu pisang yang betul-betul matang terutama untuk kasus hyperacidity yang buruk.

 

Tulsi

Daun tulsi atau disebut juga holy basil adalah salah satu jenis daun-daunan yang mirip dengan kemangi. Daun ini juga bisa mengentalkan lapisan selaput lendir perut. Selain itu juga melindungi jaringan lembut dari asam perut.

Herbal ini juga menetralisir efek asam lambung. Untuk menggunakan tulsi sebagai pengobatan hyperacidity, kunyah lima sampai enam daun tulsi segar selama hyperacidity.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement