Rabu 24 Feb 2016 08:06 WIB

Masih Perlukah Mengecek Ponsel Sebelum Tidur?

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Hindari kebiasaan bermain dengan ponsel atau gawai ketika sudah bersiap tidur.
Foto: pexels
Hindari kebiasaan bermain dengan ponsel atau gawai ketika sudah bersiap tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, Mungkin Anda sudah tahu jawaban untuk pertanyaan tersebut. Jelang tidur, usahakan untuk tak lagi mengecek ponsel.

Namun, banyak orang masih bertanya-tanya apakah hal itu benar-benar perlu dilakukan. Tak sedikit yang ragu, apa benar seseorang memang harus berhenti berponsel menjelang tidur?

Jawabannya, dan kami menduga Anda sudah tahu, adalah ya, Anda benar-benar harus melakukannya. Para psikolog menyebut keraguan itu sebagai bentuk rasionalisasi.

Nyatanya, banyak penelitian yang membuktikan bahwa melihat layar gawai sebelum tidur bisa berdampak negatif pada kualitas tidur Anda. Satu studi bahkan menunjukkan hal itu dapat membuat Anda kurang fokus dan tak bersemangat pada hari berikutnya.

Kebingungan mengenai apa ruginya membuat status media sosial terakhir sebelum menutup mata memang tak terhindarkan. Mengatasinya, pikirkan baik-baik apakah Anda benar-benar membutuhkan ponsel di penghujung hari.

Selain itu, coba alihkan perhatian dengan melakukan hal lain yang tak melibatkan layar gawai. Dengan demikian, kualitas tidur Anda akan jauh lebih baik, dikutip dari Huffington Post.

(baca: 3 Cara Ponsel Rusak Postur Tubuh dan Mood Manusia)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement