Senin 22 Feb 2016 18:32 WIB

Makan Ikan Sepekan Sekali Bisa Cegah Demensia

Rep: c34/ Red: Ani Nursalikah
Mengonsumsi produk ikan sepekan sekali dapat melindungi seseorang dari penyakit demensia.
Foto: Google
Mengonsumsi produk ikan sepekan sekali dapat melindungi seseorang dari penyakit demensia.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengonsumsi produk ikan sepekan sekali dapat melindungi seseorang dari penyakit demensia. Hal itu disimpulkan dalam penelitian terbaru yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Wageningen, Belanda.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association itu dimulai pada 1997. Para ilmuwan mempelajari kebiasaan makan dan faktor gaya hidup 286 orang tua yang tinggal di Chicago.

Dikutip dari Express, setelah para peserta penelitian itu meninggal, para peneliti memeriksa otak mereka dari demensia dan alzheimer. Hasilnya, otak individu yang rutin makan makanan laut memiliki otak sehat ketika mereka meninggal.

"Ini adalah studi pertama yang memungkinkan deteksi kehadiran demensia dan penyakit alzheimer pada otak subjek tes," ujar Ondine van de Rest, salah satu peneliti studi.

Temuan itu selaras dengan penelitian sebelumnya yang merekomendasikan pentingnya ikan dalam pola makan. Sebelumnya, konsumsi produk ikan juga telah dihubungkan dengan berkurangnya risiko penyakit mental dan demensia.

James Pickett dari Alzheimer's Society berkata makan makanan laut memang sering dikaitkan dengan peningkatan memori dan kesehatan. Namun, perlu penelitian lebih lanjut terkait fungsi konsumsi makanan laut itu untuk mencegah atau menunda demensia.

"Studi yang dilakukan masih melingkupi ranah yang relatif kecil sehingga sifatnya tak konklusif. Kami berharap dapat dilakukan penelitian yang lebih mendalam," kata Pickett.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement