Sabtu 20 Feb 2016 06:30 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Berhenti Makan Daging

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Daging tak harus dihindari, hanya perlu diperhatikan cara menyajikannya agar pola makan jadi bergizi seimbang.
Foto:
Salah satu diet yang bisa dicoba adalah diet daging, beberapa orang justru berhasil menurunkan berat badan dengan pola makan ini.

Bakteri usus berubah

Penelitian pada 2014 lalu menunjukkan bahwa bakteri pada usus manusia yang mengonsumsi daging dan sayuran dengan manusia yang sama sekali tidak mengkonsumsi produk daging (vegan) memiliki perbedaan. Para peneliti dari City University of New York menemukan bahwa para vegan  memiliki lebih banyak spesies bakteri pelindung dibandingkan mereka yang makan daging dan sayur atau omnivora.

Risiko kekurangan gizi

Pola makan vegetarian atau vegan yang seimbang dapat memungkinkan tubuh mendapat asupan gizi yang cukup. Akan tetapi, pola makan tanpa daging ini ternyata cukup menyulitkan tubuh dalam mendapatkan zat besi, vitamin D dan vitamin B12. 

Untuk bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, vitamin D dan vitamin B12, para vegetarian Perlu rajin-rajin mengkonsumsi kacang-kacangan, buah, gandum, sayuran dengan warna hijau gelap hingga produk kedelai. Telur dan susu juga dapat membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement