Jumat 12 Feb 2016 09:13 WIB

Kopi Baik untuk Tubuh, Mitos atau Fakta?

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Kopi hitam
Foto: Republika/Amin Madani
Kopi hitam

REPUBLIKA.CO.ID, Dampak kesehatan dari kopi telah lama menjadi topik yang kontroversial, karena selalu ada dua sisi yang bertolak belakang. Para penikmat kopi akan mengatakannya baik karena mengandung antioksidan, sedangkan di sisi lain ada berbagai kerugian seperti insomnia, peningkatan denyut jantung, dan tekanan darah.

Jangan takut, ternyata minum kopi bisa lebih menyehatkan daripada yang Anda pikirkan. Namun, itu semua tergantung dari jenis kopi, berapa banyak Anda minum, dan kapan Anda meminumnya. Berikut detailnya

Lima cangkir sehari

Sebuah studi dari 25.000 peserta di Korea Selatan menemukan bahwa minum kopi hitam tiga sampai lima cangkir sehari berkorelasi dengan penurunan risiko kalsium arteri koroner dan multiple sclerosis (MS). Minum empat cangkir kopi hitam juga terbukti mengurangi risiko melanoma, sejenis kanker kulit berbahaya.

Namun, sebelum Anda berniat menenggak hingga lima cangkir kopi hari ini, pastikan menghindari krim dan gula. Jika tak tahan selalu minum kopi hitam, gunakan sesedikit mungkin dan pilih gula alami alih-alih pemanis buatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement