Jumat 12 Feb 2016 05:10 WIB

Agar tak Keracunan, Hindari 6 Makanan Ini

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Keracunan makanan
Foto: Google
Keracunan makanan

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menghindari keracunan makanan, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. Berikut enam makanan tersebut, seperti dipublikasikan Bill Marler dalam //Food Poison Journal//.

Buah dan sayur yang belum dicuci

Sayuran dan buah-buahan memang aman dikonsumsi tanpa dimasak atau direbus. Tetapi, pastikan Anda mencucinya sampai bersih sebelum disantap.

Kecambah Mentah

Kecambah mentah dan yang dimasak setengah matang dikaitkan dengan lebih dari 30 wabah bakteri (kebanyakan salmonella dan E. coli) di Amerika Serikat sejak pertengahan 1990-an. Tahun 2014 lalu, salmonella dari tauge menyebabkan 19 orang keracunan dan harus dirawat di rumah sakit.

Telur mentah atau setengah matang

Pada tahun 2010, telah dilaporkan 2.000 kasus keracunan akibat salmonella pada telur. Kontaminasi bakteri pada telur sekarang memang jauh lebih rendah daripada 20 tahun lalu. Namun, goreng atau rebus hingga matang telur yang Anda makan untuk berjaga-jaga.

Burger yang tidak dimasak well done

Produk daging lebih problematis dan perlu dimasak dengan lebih teliti. Soalnya, setiap bakteri pada permukaan daging bisa masuk ke bagian dalam.

Susu dan jus kemasan tanpa proses pasteurisasi

Pastikan susu kemasan yang Anda minum telah melewati proses pasteurisasi. Susu yang tidak dipasteurisasi dapat terkontaminasi bakteri, virus, dan parasit.

Tiram dan kerang mentah

Tiram sebaiknya tidak dimakan dalam kondisi mentah. Hal ini mengurangi risiko keracunan karena kandungan dalam air yang bisa saja dibawa tiram dan kerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement