Kamis 11 Feb 2016 08:45 WIB

Awas, Ini Bahaya Memasak dengan Panci Antilengket Bagi Kesehatan

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Menggoreng menggunakan panci antilengket ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan.
Foto: wikipedia
Menggoreng menggunakan panci antilengket ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Seringkali ibu saat akan melakukan kegiatan memasak direpotkan dengan perangkat yang membuat makanan menempel saat proses memasak. Sehingga perangkat memasak antilengket menjadi pilihan kebanyakan ibu di rumah.

Perangkat masak antilengket lebih banyak dipilih ibu untuk mempermudah kegiatan menggoreng, menumis, bahkan memanggang. Kepraktisan dan membuat makanan tetap utuh menjadi utama.

Tapi, ibu harus berhati-hati. Di balik kemudahan yang ditawarkan oleh prangkat anti lengket, ada dampak yang kurang baik untuk tubuh. Dilansir dari Boldsky, Kamis (11/2), berikut ini dampak buruk dari menggunakan perangkat dapur antilengket.

Tiroid

Perflurooctanoic Acid (PFOA)  adalah senyawa fluoride dan fluoride yang dasarnya merupakan racun. Senyawa ini ketika dihirup yang dapat memicu hipotiroidisme dengan menekan tiroid. Ketika perangkat antilengket mengeluarkan asap saat terlalu panas, maka senyawa ini sedang menyebarkan asap beracun.

Gangguan kognitif

PFOA memiliki dampak pada ganguan kognitif. Sebabnya, ketika ibu menggunakan perangkat antilengket akan muncul fluoride dalam PFOA ketika digunakan.

Penyakit tulang

Terbiasa menggunakan perangkat antilengket ketika memasak di dapur juga bisa jadi penyebab tulang ibu yang sering sakit karena terjadi pengeroposan dan menyebabkan tulang menjadi rapuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement