Rabu 10 Feb 2016 08:40 WIB

Konsumsi Kedelai Lindungi Wanita dari Bahaya Bahan Kimia Plastik

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Tahu dari bahan kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan reproduksi wanita.
Foto: pixabay
Tahu dari bahan kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan reproduksi wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengonsumsi makanan berbahan kedelai dapat membantu melindungi reproduksi wanita dari efek negatif Bispenol A (BPA). BPA adalah bahan kimia yang terkandung dalam produk plastik dan kaleng.

Dr Jorge E. Chavarro dari Harvard School of Public Health-Nutrition di Boston mengatakan BPA diketahui dapat meniru fungsi hormon estrogen dalam tubuh, dan karena itu BPA diyakini dapat mengganggu pembuahan dan implantasi telur yang dibuahi di dalam rahim. Studi ini ditulis dalam Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism.

Percobaan yang dilakukan pada hewan pengerat menunjukkan kedelai, yang juga berinteraksi dengan reseptor estrogen, bisa mengurangi efek negatif BPA

"Kami ingin menindaklanjuti hasil dari eksperimen yang dilakukan pada hewan pengerat ini, setelah menemukan efek terhadap reproduksi yang merugikan dari BPA ternyata dapat dicegah dengan memberikan hewan ini diet berbasis kedelai. Yang kami ingin lihat, apakah interaksi sama akan ditunjukkan oleh manusia," kata Chavarro, dilansir dari Fox News.

Para peneliti melakukan studi terhadap 239 wanita yang menjalani siklus fertilisasi in vitro antara 2007 dan 2012. Para wanita tersebut mengikuti diet dan memberikan sampel urine sebelum pengambilan telur untuk setiap siklus kesuburan.

(baca: Wanita Hamil, Ketahui Ini Soal Virus Zika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement