Senin 08 Feb 2016 11:05 WIB

Waspada, Virus Zika Bisa Menular Lewat Hubungan Seksual

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.
Foto: wikipedia
Gigitan nyamuk dengan pembawa virus zika jadi penyebab munculnya penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Penyakit misterius akibat virus zika menyebar melalui gigitan nyamuk. Sebuah informasi ilmiah terbaru dari Texas menyebutkan bahwa virus ini bisa menular lewat hubungan seksual.

Dilansir dari Fit Pregnancy, Senin (8/2), penularan zika lewat hubungan seksual berdasarkan temuan dua kasus yang dilaporkan di Dallas. Salah satu korban terjangkit virus tersebut setelah berhubungan seksual dengan seseorang saat bepergian ke Venezuela, salah satu negara yang terinfeksi virus ini.

"Sekarang kita tahu bahwa virus zika dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Ini berarti kita perlu bersama mengampanyekan kesadaran masyarakat untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus ini," kata Direktur Dallas County Health & Human Services (DCHHS), Zachary Thompson.

Thompson menambahkan menggunakan kondom saat berhubungan seksual adalah salah satu pencegahan terbaik untuk menghindari infeksi virus zika melalui hubungan seksual. Sebelumnya dikabarkan virus zika bisa menginfeksi wanita hamil. Bayi yang dilahirkan berpotensi cacat dengan kondisi kepala mengecil (microcephaly).

DCHHS menyarankan bagi wanita yang mempunyai pasangan yang baru saja melakukan perjalanan ke negara-negara yang terindikasi virus zika sebaiknya menggunakan kondom. Hubungan seksual dengan pasangan selama masa kehamilan juga perlu dihindari sementara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus zika sebagai bagian dari kondisi darurat kesehatan global. Penyakit ini juga dilaporkan terkait dengan sindrom Guillian-Barré yang merusak imunitas tubuh sehingga menyebabkan kelumpuhan sementara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement