Selasa 02 Feb 2016 11:28 WIB

Berat Badan Bertambah Saat Berhenti Merokok? Ini Cara Mengatasinya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Olahraga lari  (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Olahraga lari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk menghindari kenaikan berat badan saat berhenti merokok, ada jalan keluar yang sangat mudah. Salah satu caranya ialah dengan menjaga agar metabolisme tubuh tetap tinggi melalui olahraga. Memilih berjalan kaki dibandingkan naik angkutan umum menuju satu tempat yang terjangkau dapat menjadi alternatif berolahraga.

Pada intinya, olah raga rutin setelah berhenti merokok perlu dilakukan agar berat badan tubuh tidak melonjak dan kondisi tubuh menjadi lebih prima. Dilansir NHS, berjalan cepat, berenang, hingga bersepeda dapat dilakukan setidaknya selama 150 menit per minggu. 

Selain itu, penambahan berat badan dapat dihindari dengan menyimpan makanan-makanan sehat di rumah. Makanan ringan tinggi kalori yang mungkin biasanya tersimpan di lemari dapat diganti dengan kacang-kacangan hingga buah kering.

Selama metabolisme belum kembali tinggi setelah berhenti merokok, porsi makan pun perlu dikurangi. Tiap suapan makanan yang terasa lebih nikmat setelah berhenti merokok juga harus dikunyah dengan sedemikian rupa dan tidak terlalu cepat. Menyantap makanan dengan perlahan akan membuat rasa makanan dapat dinikmati dengan baik dan tubuh pun dapat lebih menahan diri dari menambah porsi makanan.

(Baca Juga: Ini Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Berhenti Merokok).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement